-->

Panduan Lengkap Bermain Game Stardew Valley Semua Versi

- April 02, 2019

DESKRIPSI GAMBAR
Stardew Valley adalah gim simulasi RPG / Pertanian yang awesome, yang menempatkan kalian di pertanian yang hancur dan memberi kalian kesempatan untuk mengembalikan kejayaan sebelumnya, menggunakan strategi kalian sendiri.

Baca Juga Panduan Lengkap Bermain Game Story of Seasons Doraemon

Ada banyak jalan menuju sukses namun tidak ada strategi yang sempurna untuk diikuti, didalamnya terdapat fitur crafting yang kompleks yang akan membuat kalian ketagihan.

Stardew Valley menawarkan banyak cara untuk menghasilkan uang, meningkatkan keterampilan, dan menciptakan kreasi baru ketika kalian berhasil membuka fitur-fitur yang tersembunyi.

Merancang layout pertanian impian dan membangun hubungan dengan penduduk kota adalah pengalaman yang benar-benar santai dan menyenangkan.

Tujuan dari panduan ini adalah untuk membantu pemain baru dan pemain berpengalaman menemukan fitur yang mungkin belum mereka ketahui, menjawab pertanyaan yang mungkin dimiliki pemain dan mencoba meningkatkan pengalaman bermain game mereka dengan informasi yang lengkap.


Stardew Valley dibuat oleh Eric Barone (alias ConcernedApe) dan saya salah satu fans beratnya. Saya sangat merekomendasikan game ini kepada siapa saja yang suka grafis (retro) 16-bit, simulasi / RPG atau game lawas Harvest Moon PlayStation.

Sejauh ini belum ada yang membuat game dengan ketiga element diatas, dan stardew valley datang dengan itu semua. Game kompleks yang asik dengan harga yang lumayan murah.

Stardew Valley sudah tersedia di PC, Android/iOS, PS4 dan Xbox One dan sudah punya mode multiplayer (untuk android/iOS belum) dan fitur baru lainnya yang pasti akan dirilis suatu hari nanti untuk menghibur pada playernya.

Panduan bermain game stardew valley di blog playgames-id ini berisi saran yang sangat bermanfaat bagi newbie. Apa yang harus diliakukan pertama kali saat sebelum keluar dari pintu rumah, tips dan guide di bawah ini dapat membantu kalian memulai hari baru di game stardew valley.

Panduan Hari Pertama di Stardew Valley

Kalian di modali 15 biji (benih) parsnip dalam kotak hadiah di dalam rumah, keluarlah dan mulai bersihkan ladang, gunakan sabit untuk memangkas rumput liar yang tumbuh, pecahkan batu dengan pickaxe, dan belah kayu pakai kapak, untuk persiapan menanam parsnip.

Ladang kalian memang sangat terbengkalai, akan tetapi banyak yang bisa kalian lakukan didalamnya setelah dibersihkan. Sumber daya yang kalian temukan sangat berguna. kalian perlu membersihkan sebidang tanah 5x3 untuk menanam parsnip kalian.

Tips dari saya untuk mempermudah dalam bermain (PC). Buka tab pengaturan dengan menekan tombol Esc. Aktifkan opsi "Always show tool hit location", dengan begitu kalian akan mendapat hint untuk mempelajari cara "menargetkan" di Stardew Valley.

Jika suatu saat kalian sudah mahir, mungkin tidak membutuhkannya lgi, tetapi untuk saat ini, ini sangat membantu.

Cara menggunakan tools, kalian dapat mengetuk area 3x3 di sekitar karakter kalian, meskipun cangkulnya sedikit lebih rumit dan mengharuskan kalian untuk berdiri dengan poisis yang benar.

Peralatan

5 alat ini pasti kalian sudah tahu fungsi dan cara penggunaanya, untuk yang masih bingung berikut penjelasannya;

  • Kapak (Axe): Digunakan untuk memotong / menebang kayu. Menebang pohon membutuhkan banyak energi, tetapi ranting dapat dipotong dalam satu kali mengayu kapak. 
  • Cangkul (Hoe): Cangkul berguna untuk menggemburkan tanah yang dapat diolah untuk menanam benih. 
  • Beliung (Pickaxe): Gunakan ini untuk memecahkan batu dan kerikil. Nantinya, kalian akan digunakan untuk menambang di dalam mine. 
  • Sabit (Scythe): Digunakan untuk membersihkan tanaman yang mati dan rumput liar. Saat sewaktu kalian sudah memabangun silo di pertanian kalian, ia akan memanen rumput dan mengubahnya menjadi jerami yang nantinya dapat digunakan (jerami) untuk memberi makan hewan ternak. 
  • Penyiram (Watering Can): Digunakan untuk menyirami tanaman kalian!

Menanam Parsnips


Tanaman Parsnip Setelah dibersihkan dari semua puing-puing, pertama gunakan cangkul untuk membuat plot untuk taman, kemudian tanam benih dengan mengklik icon benih pada tool bae (tombol pintas 1-9) dan kemudian sirami tanah yang sudah ditanami dengan benih tadi.

Kalian bisa menghapus area yang tidak sengaja tercangkul dengan menggunakan pickaxe.


Piere's General Store, Tempat Membeli Benih 

Setelah tanaman kalian disiram, saya sarankan kalian pergi ke kota untuk menghabiskan 500G di toko milik Pierre (toko ditutup jam 17:00 dan hari Rabu).


Tinggalkan area pertanian dengan melewati pintu keluar bagian timur dan berjalanlah ke kota. Toko Pierre berada di sebelah gedung putih dengan palang merah (klinik). Berdiri di pintu toko dan klik untuk masuk dalam.

Di depan kasir, kalian dapat membeli benih yang tersedia untuk musim ini (Spring). Tanaman yang paling banyak menghasilkan uang untuk musim semi (saat ini tersedia) adalah kentang, yang mana dia membutuhkan 6 hari untuk bisa dipanen. kalian punya cukup uang untuk membeli 10 pack benih, belikan saja semuanya.

Di dekat kasir kalian dapat melihat tas ransel yang sedang dijual oleh piere seharga 2000G. Dengan membeli tas itu, inventory kalian akan bertambah sebanyak 12 slot.

Saat ini memang uang kalian belum cukup, tambunglah untuk membelinya 2-3 minggu kedepan.

Dengan langsung menanam benih kentang yang baru saja kalian beli tadi, kalian akan dapat memanennya pada hari minggu nanti.

Craft Box

Buatlah box tempat penyimpanan barang. Jika kalian sudah kehabisan energi, craft besok hari saja. Kumpulkan 50 kayu dengan memotong 3-4 pohon. Tekan Esc untuk membuka menu dan pergi ke tab dengan icon palu - di situlah kalian membuatnya.

Buat peti, nanti taruh di dalam menu bar. Rumput di sekitar rumah yang tidak bisa ditanami adalah tempat yang baik untuk meletakkan box ini, tetapi kalian bisa melakukannya di mana saja.

Sekarang kalian memiliki tempat untuk menyimpan barang-barang sehingga kalian tidak perlu membuangnya atau menjualnya.

Energi, Eksplorasi, dan Tidur 

Karakter kalian akan lelah setelah melakukan itu semua. Lihatlah meteran energi di kanan bawah, bar yang tadinya berwarna hijau kini berubah menjadi merah, tandanya kalian hampir kelelahan, segeralah beristirahat jika tidak kalian akan kena pinalti keesokan harinya bangun bangun dengan energy setengan dan kehilangan beberapa gold.

Hindari pinalty seperti itu dengan tidur sebelum tengah malam. Semua hal diatur oleh energy bar tersebut. Jika bar hijau full, atau masih setengah, kalian masi bisa jalan-jalan di desa, menjelajah, dan bertemu dengan para penduduk desa.

Televisi

Masuk ke rumah dan menonton TV. Hal yang harus dibiasakan sejak awal. Dari TV ini, kalian akan mendapatkan ramalan cuaca untuk hari berikutnya, tips bertani dari "Livin 'of the Land" dan "Queen of Sauce" yang akan memberi kalian resep masakan. Juga peramal yang memberi kalian gambaran tentang keberuntungan karakter kalian setiap hari.

Hari Kedua

kalian harus menunggu selama 4 hari lamanya agar parsnip kalian bisa dipanen. Siram mereka setiap hari atau mereka akan layu. kalian akan mengerti mengapa petani menyukai hujan karena membuat kalian terbebas dari pekerjaan. Untuk mengisi ulang alat penyiram dilakukan dengan pergi ke kolam kecil yang ada di depan rumah.

Jelajahi Peta

Tekan ESC atau M untuk membuka peta desa. Arahkan kursor ke area tersebut untuk melihat namanya. kalian akan melihat posisi karakter kalian saat ini serta penanda dan area utama Stardew Valley.

Mulai sekarang, kalian sudah dapat mulai menjelajahi map game ini, sambil merawat tanaman kalian. Bercocok tanam hanya sebagian kecil fitur yang ada.

Area Tambang akan terbuka pada hari kelima dan kalian dapat mulai menjelajahinya. Saya sarankan untuk segera membeli ransel jika uang sudah cukup.

Willy di dermaga pantai akan memberi kalian pancing yang bisa kalian beli seharga 500 G jika hilang.

Robin dapat mengupgrade rumah, membangun barn, dan bangunan pertanian lainnya, tetapi kalian akan membutuhkan banyak gold dan resources seperti batu dan kayu.

Pastikan untuk menjelajahi community center, kemudian bertemu penyihir juga.

Game ini mudah dimainkan selama 100 jam dan semuanya akan menjadi lebih baik karena pengembang menambahkan fitur baru di setiap update.

Saya harap panduan ini akan membantu kalian memulai permainan atau memberi kalian gambaran umum.

Panduan di blog playgames-id yang lebih dalam tentang game stardew valley sudah admin blog ini posting beberapa hari yang lalu, dan akan terus bertambah kedepanya. So, stay tune !!


EmoticonEmoticon

Protected by Copyscape
 

Start typing and press Enter to search