-->

Panduan Mengenali Menu Screen Game Durango

- Juni 10, 2017

DESKRIPSI GAMBAR

1. Stamina dan HP (Health Point)

Bar warna merah paling atas itu adalah HP kalian. Yang akang berkurang jika di serang, saat kehabisan stamina, atau ketika point fatigue berada pada level kritis. Karakter kalian akan mati ketika HP mencapai angka 0.

Di bawah bar HP adalah bar stamina dari karakter kalian, yang akan berkurang saat melakukan berbagai aktifitas seperti berburu, mencari bahan, dan saat meng-crafting item.

Sedangkan icon yang muncul dibawah bar stamina merupakan Buff (status efek menguntungkan) atau Debuff (Status efek merugikan) dari karakter, perhatikan baik-baik status yang ada baik itu buff atau debuff, karna akan sangat berpengaruh pada daya tahan dan performa karakter.

Tips:
  • Untuk me-recover (regenerasi) point HP dapat dilakukan dengan beristirahat, atau dengan memakan jamur serta obat-obatan (sudah dimasak atau mentah).
  • Untuk me-recover point Stamina adalah dengan mengkonsumsi buah, daging (sudah dimasak atau mentah), dan makan tumbuhan obat.
  • Hp dan Stamina bar akan ke-reset full ketika karakter level up (naik level).
  • Bila karakter kalian mati, ada tiga option yang bisa kalian pilih, pertama: menunggu untuk di rescue oleh player lain, kedua: langsung kembali ke warp hole (teleport) terdekat, ketiga: kembali ke base (home). Ingat, jika kalian memilih untuk respawn di warp maka kalian harus merelakan item yang sedang kalian bawah. Jadi, pilihlah option yang tepat menurut kalian.

2. Region Fatigue

Seperti halnya kita, ketika melakukan aktifitas harian dengan intense, maka tubuh akan merespon dengan lelah. Bar fatigue (warna kuning) yang naik menandakan status karakter yang kelelahan.

Tips:
  • Melakukan aktifitas seperti mandi, minum air akan mengurangi sedikit rasa lelah karakter.
  • Icon senyum yang ada pada bagian kiri bar fetigue menandakan mood dari karakter kalian. Semakin tinggi level fetigue karakter, maka icon akan berubah menjadi bad mood.
  • Kalian dapat dengan mudah menurunkan tingkat kelelahan karakter dengan beristirahat di tenda atau duduk disekitar perapian (fireplace/furnace).
  • Karakter yang cukup tidur akan memperoleh buff well-rested, buff ini akan meningkatkan experience yang didapat.
  • Tap di icon akan memperlihatkan effects dari fatigue.

3. Fatigue Bar

Jika bar ini mencapai batas ke garis warna merah, karakter kalian akan mendapatakan debuff yang mana akan mengurangi kecepatan gerak dan membuatnya lemah.

Tips:
  • Saat bar fatigue mencapai level kritis, hanya satu hal yang dapat kalian lakukan, yaitu beristirahat dalam tenda atau warp kembali ke stable island (home).
  • Semakin tinggi level pulau, maka semakin cepat pulah fatigue karakter bertambah.
  • Perhatikan Level pulau yang akan kalian tuju ada pada minimap sebelum kesana.

4. Mini-map

Minimap ada di sudut kanan atas, disini kalian dapat melihat beberapa tempat, seperti rumah, jejak, icon binatang, material  dll. Tap minimap untuk membuka peta dunia Durango. Yang ada dibawah minimap itu merupakan Day and Night cycle. Tanda berupa anak panah mengindikasi pergantian antara siang dan malam.

Tips:
  • Saat kalain baru saja melakukan teleport, kalian tidak akan melihat tanaman, binatang buas disekitar, maka langsung pantau minimap, disitu akan ada icon warna kuning/merah yang menandakan adanya binatang buas. Bisa bahaya jika kalian berjalan dengan santainya didekat sarang raptor.
  • Kalian bisa melihat posisi kalian berada pada minimap.
  • Saya sendiri baru sadar kalau ternyata pergantian waktu dari siang ke malam tidak hanya berpengaruh pada temperatur, namun juga itu turut mempengaruhi tingka laku dari dinosaurus dan hewan buas. Pasti kalian ingin berburu raptor saat mereka asik-asiknya tidur pada malam hari.
  • Perubahan temperatur akan berpengaruh pada karakter, bawalah jaket dan air sebelum keluar untuk hunting.
  • Taping minimap akan membuka region map dimana kalian akan melihat informasi yang ada disekitar.

5. Magnifying Glass Icon

Memperlihatkan item, material, bangunan, player dan semua nama objek saat di tap.
Tips:
  • Ini sangat membantu saat kalian men-target binatang atau objek yang dikelilingi rimbunnya pepohonan. Juga berguna untuk mengetahui binantang yang sedang sembunyi di semak-semak.
  • Setelah objek ditap, maka akan muncul pilihan untuk kalian berinteraksi dengan itu.
  • Melakukan tap pada magnifying glass icon hanya memperlihatkan nama dari objek yang terlihat oleh jarak pandang, tap dua kali icon untuk melihat objek itu saat kalian bergerak.

6. Icon Interaksi

Saat karakter kalian berdiri diatas air maka akan muncul icon drink water untuk meminum air, dan wash untuk membersihkan badan a.k.a mandi.
Tips:
  • Buat yang belum tahu, jika meminum air laut atau salt water akan membuat karakter kalian tambah haus dan dehidrasi. kalian bisa mengambil air garam dari laut dalam botol, yang bisa dimasak menjadi garam untuk bumbu masakan.
  • Air mengelilingi pulau adalah air laut, sedangkan air yang mengalir dari dalam pulau merupakakn air tawar dan dapat kalian minum.
  • Icon radar berguna untuk mengetahui lokasi warp, meteor dan pelabuhan.

7. Mini-Chat Box

Disini kalian dapat melihat chatingan terakhir dari player, yang terkadang chat bisa sangat cepat, kalian bisa melihat chatingan lain dengan melihat log chat di icon log chat.

8. Mike Icon

Saat kalian mengaktifkan fitur ini, kalian dapat melakuakn chating tanpa menulis di kayboard, caranya hanya dengan mengucapkan kata yang hendak kalian katakan (dalam bahasa inggris), maka secara otomatis sistem akan mengenalinya dan menulis di chatingan.

9. Fast Chat Entry Box

Gunakan ini jika ingin mengirimkan pesan pada channel yang dipilih.

10. Chat Window Icon

Dengan men-tap icon ini kalian dapat membuka window chat yang mana kalian bisa fokus memilih untuk chatting sama teman, anggota clan, tetangga atau mengirimkan pesan ke seluruh region / world.
Tips:
  • Region Channel : Pada tab ini, kalian dapat melihat chatingan dari player tetangga yang dekat dengan basemu, maupun player yang berada disekitar kalian. Channel ini sangat ramai di unstable island (tempat hunting), kebanyakan chat dari player yang meminta untuk di rescue.
  • System Channel : Disini kalian dapat melihat chat log quest dan game sistem. Jadi kalau kalian melewatkan sesuatu, atau ngk ngerti apa yang diucapkan NPC barusan, bisa lihat lagi di log chat ini.
  • Bisa tap dua x pada nama pemain yang ada dalam jendela chat, akan muncul options tambah teman, kirim pesan, blok atau report. Gunakan report button kalau mendapati player yang ng-cheat, atau melakukan pelanggaran lainnya.
  • Saat player lain mengirim pesan kepada kalian, nama mereka akan muncul pada sudut kiri. Tap nama tersebut dan akan membuka jendela private chat. Untuk leave, tinggal tap icon tiga titik vertikal, dan tap tombol X.
  • Kalian bisa membuat grup chat, sangat dianjurkan untuk clan dan grup raid.

11. Encouragement Icon

Dengan men-tap icon ini, akan memberikan buff dorongan ke player yang ada disekitarmu. Encouragement buff akan bertahan selama 5 menit dan membuat fatigue lumayan berkurang.

12. Menu lanjutan

Option atau pilihan lanjutan akan muncul (seperti gambar bawah) ketika kalian men-tap icon ini, seperti opsi Character, Equipment, Bag, Craft/Build, Skill, Career Guide, Island Market dll.

Oke, untuk saat ini cukup sampai disini dulu yah Panduan Mengenali Menu Screen Game Durango;
kita nanti akan lanjut lagi ke guide selanjutnya dikesempatan mendatang, capek euuyy ngetiknya..hehe

Jika artikel ini bermanfaat bagi kalian, silahakan merespon lewat komentar atau di like lewat tombol like yang ada dibawah judul diatas, semakin banyak like semakin cepat saya bikin guide lanjutannya.
Baca Juga : Panduan Memilih Karakter di Game Durango
Jangan lupa juga untuk bookmark blog playgames-id ini agar tidak ketinggalan updetan panduan bermain game durango selanjutnya.


EmoticonEmoticon

Protected by Copyscape
 

Start typing and press Enter to search